#

Kegiatan Pengabdian, Filkom IBT Pelita Indonesia Kunjungi Yayasan Nurussalam Pekanbaru Untuk Berbagi Cara Pembuatan Media Pembelajaran Daring

Pembelajaran daring merupakan pilihan terbaik dari semua pilihan pembelajaran yang ada dalam menghadapi pandemi Covid-19. Semua tingkatan sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi, sangat membutuhkan pemahaman model pembelajaran daring yang mengutamakan penguasaan teknologi. Jum’at tanggal 17 Juli 2020, Fakultas Ilmu Komputer Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia (Filkom IBT Pelita Indonesia) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk tenaga pendidik Sekolah Islam Terpadu Nurussalam Pekanbaru dalam bentuk workshop.
Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh Ibu Gusrianty, M. Kom, mengusung tema “Pembuatan Video Pembelajaran Daring Untuk Guru Yayasan Nurussalam Pekanbaru”. Workshop dibuka oleh Kepala Sekolah Dasar IT Nurussalam mewakili Yayasan Nurussalam, yakni ibu Evi Rahayu, M.Pd.I dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Deny Jollyta, M. Kom selaku yang mewakili Filkom IBT Pelita Indonesia. Beberapa alternatif aplikasi dan media yang dapat menampilkan materi diberikan kepada para guru dengan tujuan memudahkan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran. Pemberian materi disesuaikan dengan kondisi terkini Yayasan Nurussalam yang sedang berkembang, seperti PowerPoint, Bandicam, Quizizz dan disertai dengan praktek dan permainan yang membangkitkan semangat semua peserta workshop. Materi dibawakan dengan apik oleh dosen Filkom IBT Pelita Indonesia yakni Dwi Oktarina, M. Kom, Deny Jollyta, M. Kom, Ramalia Noratama Putri, M. Kom, dan Johan, M. Kom.

Pada sesi praktek yang dipandu oleh Ibu Dwi Oktarina, M. Kom, para guru dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok membawakan sebuah mata pelajaran yang dibuatkan menjadi video pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran selanjutnya didemonstrasikan kepada kelompok lain dengan anggapan bahwa itu adalah peserta didik. Bagi kelompok yang mendapat respon paling baik, maka dapat dikatakan media pembelajaran tersebut berhasil. Simulasi ini cukup efektif karena setiap guru berusaha menampilkan media pembelajaran yang tidak hanya menarik tetapi memuat materi mata pelajaran yang sesuai dengan ketentuan. Tidak lupa pula Ibu Dwi Oktarina memberikan hadiah bagi guru atau kelompok guru yang terbaik pembuatan media pembelajarannya.

Kegiatan workshop juga dihadiri oleh Wakil Rektor I IBT Pelita Indonesia, yakni Bapak Prof. Dr. Teddy Chandra, SE, MM, yang baru saja menerima anugerah sebagai Guru Besar di bidang Ilmu Manajemen. Kehadiran Prof. Teddy merupakan bentuk dukungan IBT Pelita Indonesia terhadap kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh dosen-dosennya. Prof. Teddy saat penyerahan cendera mata menyampaikan bahwa penguasaan terhadap teknologi informasi mutlak dibutuhkan, terutama di masa sulit sekarang ini. Adanya wabah Covid-19 di tengah masyarakat Indonesia dan dunia telah memaksa perubahan cara pembelajaran untuk semua tingkat sekolah. Filkom IBT Pelita Indonesia hadir untuk berbagi ilmu tentang pembuatan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
Di akhir workshop, Ibu Gusrianty mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini akan dievalusi keberhasilannya dalam beberapa waktu ke depan untuk mengetahui seberapa jauh media pembelajaran yang dihasilkan dari workshop dapat memberikan pemahaman terhadap peserta didik Nurussalam. Workshop ditutup dengan berfoto Bersama. Semoga IBT Pelita Indonesia selalu konsisten menjadi pelita bagi pencerdasan masyarakat, bangsa dan dunia.

The Best Institute in Pekanbaru Riau