#

Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Daring di Lingkungan Fakultas Bisnis Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia

Meskipun era new normal telah diberlakukan, namun Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan metode pembelajaran selama tahun akademik 2020/2021, yang sepenuhnya dilakukan secara daring atau online, baik untuk mata kuliah teori, maupun untuk mata kuliah praktik. Menyikapi kebijakan tersebut, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia (IBT Pelita Indonesia) sebagai salah satu entitas perguruan tinggi di Indonesia terus membekali para dosennya dengan berbagai keahlian dalam menyiapkan materi pembelajaran yang interaktif dan tidak membosankan, dengan tetap menjaga kualitas pembelajarannya.

Salah satu pembekalan yang diberikan adalah bagaimana teknik dalam pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan beberapa aplikasi, serta bagaimana melakukan pengeditan terhadap video tersebut. Acara pelatihan ini dilakukan pada hari Rabu, tanggal 29 Juli 2020, bertempat di Kampus IBT Pelita Indonesia di Jalan Ahmad Yani. Acara pelatihan ini merupakan sesi kedua dari tiga sesi yang telah direncanakan. Pembagian kegiatan ini menjadi beberapa sesi dilakukan guna mematuhi protokol kesehatan di era new normal yang mengedepankan prinsip physical distancing.

Adapun rangkaian acara pada kegiatan kali ini adalah dibuka dengan kata sambutan dari Dekan Fakultas Bisnis IBT Pelita Indonesia, Ibu Layla Hafni, SE., MM., yang mensosialiasikan secara ringkas petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh KEMENDIKBUD terkait dengan pembelajaran daring. Kemudian acara dilanjutkan dengan kata Sambutan dari Wakil Rektor I, Prof. Dr. Teddy Chandra, SE., M.M. yang menekankan pentingnya mempertahankan kualitas pembelajaran yang selama ini telah terjaga dengan baik di IBT Pelita Indonesia, meskipun perkuliahan dilakukan secara daring/online. Sedangkan acara intinya adalah pelatihan penggunaan aplikasi-aplikasi pembuatan video, yang disampaikan oleh Bapak Agus Hocky, B.Sc., M.M. yang juga merupakan dosen IBT Pelita Indonesia. Kegiatan pelatihan kali ini diikuti oleh 32 orang dosen IBT Pelita Indonesia yang akan mengajar pada semester ganjil 2020/2021.

The Best Institute in Pekanbaru Riau