#

Seminar Nasional Informatika (SENATIKA) Sukses Digelar Oleh Fakultas Ilmu Komputer IBT Pelita Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer Institut Bisnis dan Teknologi (IBT) Pelita Indonesia telah sukses menggelar Seminar Nasional Informatika bertajuk Penguatan Teknologi Informasi Dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 Era Kampus Merdeka, Selasa (6/4/2021), secara daring. Seminar Nasional ini terlaksana berkat kerjasama dari empat perguruan tinggi yang ada di pulau Sumatera, yaitu Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia - Kota Pekanbaru – Provinsi Riau , STMIK Kaputama - Kota Binjai – Provinsi Sumatera Utara, STMIK Royal – Kisaran – Provinsi Sumatera Utara, dan Universitas Nurdin Hamzah – Kota Jambi – Provinsi Jambi.

Kegiatan SENATIKA ini dibagi ke dalam dua sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sesi pagi menghadirkan tiga orang pembicara. Pembicara pertama Bapak Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D., yang merupakan ketua umum Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM). Pembicara kedua Bapak Dr. Akim Manaor Hara Pardede, S.T., M.Kom., yang merupakan Reviewer Program Kompetisi Kampus Merdeka. Sedangkan untuk pembicara ketiga menghadirkan Ibu Dr. Erlin, M.Kom., yang merupakan dosen IBT Pelita Indonesia, sekaligus merupakan Reviewer Nasional Penelitian, serta Reviewer beberapa jurnal nasional dan internasional. Pada sesi pagi, sebelum pembicara menyampaikan materinya, kegiatan SENATIKA didahului dengan penandatanganan MoU antara keempat perguruan tinggi yang telah disebutkan sebelumnya dengan APTIKOM secara simbolis. Adapun jumlah peserta dan parsipan yang mengikuti sesi pagi berjumlah sekitar 350 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di berbagai provinsi di Indonesia.

Sesi siang merupakan sesi presentasi bagi peserta yang telah mengirimkan artikel ilmiah kepada panitia. Total ada 78 artikel ilmiah yang diterima oleh panitia, yang dibagi ke dalam 6 ruang paralel. Masing-masing ruang dimoderasi oleh satu orang moderator, dengan tiga orang reviewer yang kompeten dari keempat perguruan tinggi yang bekerjasama. Ketua panitia Ibu Deny Jollyta, M.Kom. yang berasal dari IBT Pelita Indonesia dalam sesi wawancara menyatakan bahwa SENATIKA yang diadakan saat ini merupakan pondasi awal dari kerjasama keempat perguruan tinggi, meskipun dalam perjalanan kedepan nantinya tidak menutup kemungkinan bergabungnya perguruan tinggi lain yang ada di Indonesia, maupun dari luar nageri untuk turut serta dalam kerjasama tersebut. Lebih lanjut beliau menyatakan harapannya agar kesuksesan SENATIKA saat ini dapat diteruskan oleh perguruan tinggi yang ikut menandatangani MoU, mengingat host dari kegiatan SENATIKA ini akan digilir ke perguruan-perguruan tinggi tersebut.

The Best Institute in Pekanbaru Riau