#

Workshop dan Bimtek Penulisan Proposal Penelitian, Tingkatkan Kualitas Dosen IBT Pelita Indonesia

Dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen tetap Institut Bisnis dan Teknologi (IBT) Pelita Indonesia menulis proposal hibah penelitian Ristek/BRIN untuk pendanaan tahun 2022, maka LPPM IBT Pelita Indonesia menyelenggarakan Kegiatan Workshop dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penulisan Proposal Penelitian RISTEK/BRIN. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 9-10 April 2021 di kampus 2 IBT Pelita Indonesia, dengan menghadirkan Bapak Prof. Dr. Drs. Saryono, Msi. Belau merupakan Tim Pakar Penelitian yang merupakan salah satu ahli yang dipercaya oleh (DRPM) Dikti dalam tim penyusunan panduan penelitian Dikti mulai tahun 2005 hingga sekarang. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa beliau merupakan pakar yang tepat yang dapat menjelaskan bagaimana penulisan proposal penelitian yang berkualitas, yang minimal memenuhi panduan yang ditetapkan oleh RISTEK/BRIN.

Kegiatan Workshop dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) ini diikuti oleh 45 orang dosen tetap IBT Pelita Indonesia, baik dosen-dosen yang berasal dari Fakultas Bisnis, maupun dosen-dosen yang berasal dari Fakultas Ilmu Komputer. Pada sesi pertama, narasumber memaparkan materi yang terkait dengan bagaimana cara menulis penelitian DIKTI yang anti gagal. Mengingat saat ini, IBP Pelita Indonesia tidak lagi berada pada kluster binaan, namun telah meningkat berada pada luster madya, sehingga dosen-dosen IBT Pelita Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan pendanaan untuk skema penelitian desentralisasi, selain skema penelitian kompetitif nasional. Sedangkan sesi kedua dilakukan klinik proposal, untuk membedah beberapa draft proposal penelitian yang telah ditulisa oleh beberapa orang dosen. Tujuannya tak lain adalah untuk memperbaiki beberapa hal yang dirasa memungkinkan untuk ditingkatkan guna mendapatkan proposal penelitian yang berkualitas yang anti gagal.

Dalam pidatonya, Wakil rektor IBT Pelita Indonesia Bapak Prof. Dr. Teddy Chandra, SE., MM. menyatakan bahwa pelaksanaan Kegiatan Workshop dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Penulisan Proposal Penelitian RISTEK/BRIN merupakan bentuk dukungan dan fasilitas yang diberikan oleh pihak manajemen IBT Pelita Indonesia guna memberikan kesempatan bagi para dosennya untuk melakukan pengembangan dirinya, terutama dalam bidang penelitian yang merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi. Harapannya adalah semakin banyak proposal-proposal penelitian dari dosen IBT Pelita Indonesia yang lolos untuk mendapatkan pendanaan oleh RISTEK/BRIN pada tahun 2022.

The Best Institute in Pekanbaru Riau