#

IBT Pelita Indonesia Sukses Gelar SENESIS Pertama

Fakultas Bisnis Insitut Bisnis dan Teknologi (IBT) Pelita Indonesia sukses menggelar Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (SENESIS) pertama pada hari Selasa (14/09/2021). Seminar Nasional ini bertajuk “Ekonomi Kreatif Berorientasi Digital dalam Mencapai Keunggulan Bersaing di Era New Normal.” Adapun pembicara yang dihadirkan adalah Ibu Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, S.E., M.M. dari Universitas Riau Kepulauan - Batam sebagai pembicara pertama yang fokus menjelaskan bagaimana sektor ekonomi kreatif begitu pentingnya bagi perekonomian nasional. Pembicara kedua adalah Prof. Dra. Indah Susilowati, M.Sc., PhD. Yang berasal dari Universitas Diponegoro - Semarang, yang berfokus bagaimana dampak pandemi Covid-19 bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia, dan bagaimana digitalisasi dapat menjadi solusinya. Sedangkan pembicara ketiga adalah Bapak Dr. Ir. Harry Patuan Panjaitan, S.E., M.M., yang merupakan Wakil Rektor II Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia, yang mana pembica ketiga berfokus pada sisi praktis para pelaku usahanya.

Acara seminar SENESIS yang pertama ini dapat berjalan dengan baik tentunya berkat kerjasama dari 6 perguruan tinggi di Indonesia yang sebelumya telah melakukan penandatanganan MoU pada bulan Agustus 2021 yang lalu. Keenam perguruan tinggi tersebut adalah IBT Pelita Indonesia Pekanbaru selaku host acara, Universitas Dinamika Bangsa Jambi, Universitas Riau Kepulauan Batam, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Universitas Labuhanbatu Sumatra Utara, dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Untuk memperkuat MoU tersebut, maka sebelum acara seminar dibuka oleh Rektor IBT Pelita Indonesia, yaitu Bapak Prof. Dr. Amries Rusli Tanjung, S.E., M.M., Ak., maka dilakukan penandatanganan MoA oleh ke enam perguruan tinggi tersebut.

Dalam laporannya ketua panitia pelaksana, yaitu Ibu Layla Hafni, S.E., M.M. menyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti seminar SENESIS yang pertama ini berjumlah 400 orang, yang mengikutinya melaui aplikasi Zoom meeting dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Sedangkan total artikel ilmiah yang masuk ke panitia adalah sebanyak 71 judul, dengan yang layak untuk dipresentasikan pada sesi parallel adalah sebanyak 69 judul. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan seminar sukses dan telah terlaksana dengan sangat baik, dan akan menjadi standar rujukan untuk kegiatan seminar SENESIS berikutnya.

The Best Institute in Pekanbaru Riau